berlianp09's blog

Just another weblog

Terdampar di ITP IPB

December14

Masa SMA hampir segera berakhir. Tinggal menunggu UAS dan UAN yang akan menentukan hidup mati gue selama tiga tahun menimba ilmu di bangku putih abu-abu. Ga bangetkan kalo ga lulus dan ngulang lagi di taun depan? Bosen parah! Secara bakalan ketemu sama guru dan materi yang sama…ckckck

Namun, ada satu hal yang masih menganggu pikiran dan hati gue. Mau dibawa ke mana masa depan gue nanti ya? Gue aja masih bingung mau terjun di bidang apa. Alhasil, gue meminta nasihat dari abang dan wali kelas tercinta. Orang tua gue menyerahkan semua pilihan ke gue, yang penting gue bahagia sama jurusan yang gue pilih sendiri.

Nah, berhubung gue suka masak dan nyokap kurang setuju kalo gue jadi koki, akhirnya wali kelas gue menyarankan untuk masuk ke jurusan gizi atau teknologi pangan. Pilihan ini juga dipilih karena pertimbangan gue akan ilmu IPA yang udah gue dapat di SMA. Sayangkan kalo dibiarkan begitu aja, hehe.

Beberapa minggu kemudian, ada stand dari berbagai universitas swasta di Jakarta. Mereka menawarkan keunggulan yang dimiliki oleh kampus masing-masing. Mata gue tertarik pada banner bertuliskan “Universitas Pradasari Hutomo”. Ketertarikan gue bukan tanpa alasan. Di bannernya, tertulis “Food Technology”.  Itu adalah kata-kata yang gue cari, haha.

Gue datang dengan senyuman dan kakak yang sedang bertugas di situ ramah dalam melayani. Mereka memberi sebuah brosur, lebih tepatnya buku promosi kampus mereka. Setelah gue lihat isinya dengan seksama, gue kagum akan fasilitasnya yang terbilang mewah. Lalu, gue beralih ke lembar yang menjelaskan tentang teknologi pangan. Mata gue terbelalak pas ngeliat harga yang terpampang cantik di atas kertas berwarna hijau di depan mata gue. Waaww, ini sangat menakjubkan!

Gue putuskan melupakan universitas itu karena sulit untuk dijangkau dan mulai mencari universitas yang lain. Akhirnya terdengar di kuping gue tentang Ilmu dan Teknologi Pangan di IPB. Bayaran kuliahnya tidak begitu memberatkan seperti kebanyakan universitas lainnya. Banyak kerabat yang menyarankan masuk ke jurusan ini karena jurusan ini merupakan jurusan favorit di IPB. Selain itu, ITP di IPB dinilai lebih baik daripada jurusan teknologi pangan di kampus bergengsi lainny, baik negeri maupun swasta.

Akhirnya, gue menjatuhkan pilihan untuk masuk ke ITP di IPB. Berbagai jalur gue tempuh. Mulai dari PMDK, UTM, dan SNMPTN pastinya. Pada saat PMDK, gue ga lolos dan hal ini cukup membuat gue patah semangat. Sewaktu UTM, alhamdulillah gue lolos di jurusan Biologi. Di SNMPTN, alhamdulillah banget gue lolos di jurusan ITP IPB, dengan wajah ga percaya sewaktu ngeliat pengumumannya lewat internet handphone.

Pertama, gue pikir seharusnya gue memilih jurusan ilmu gizinya karena gue lebih tertarik pada praktek masak-memasak ketimbang menganalisis lebih dalam kandungan dalam bahan pangan. Namun, pemikiran gue salah. Di jurusan ini, gue menikmati dan mendapatkan hal-hal baru yang selama ini gue cari. Di Ilmu dan Teknologi Pangan lah gue mendapatkannya. Yah, walaupun memang agak susah memahami materinya pada awalnya, namun sekarang gue enjoy dengan terdamparnya gue di ilmu dan teknologi pangan. Dengan predikat internasional yang diberikan oleh IFT alias The Institute of Food Technologists pada ITP IPB (cari tahu di sini) , mudah-mudahan ITP akan memberikan ilmu yang sangat bermanfaat bagi para mahasiswa yang memilih jurusan ini dan menjadikan kami sebagai para ahli pangan yang dapat bersaing, baik dalam kancah domestik maupun internasional.

Bagi yang belum tau teknologi pangan, bisa buka link di bawah ini…

semoga membantu ^_^

Ilmu dan Teknologi Pangan itu apa ya?

http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_pangan

Bahan Tambahan Pangan (Food Additive) ?

http://id.shvoong.com/exact-sciences/biochemistry/2035310-bahan-tambahan-pangan-food-additive/

Susu Pasteurisasi

http://www.ekodokcell.co.cc/2009/06/pasteurisasi-susu.html

Pengawetan Daging

http://drhyudi.blogspot.com/2009/07/daging-dan-produk-olahannya.html

posted under Pangan | No Comments »